Sabtu, 11 Mei 2013

Yogyakarta, 9 Mei 2013

Jauh sebelum hari ini kami (saya dan nyonya) sudah memplanning acara touring backpacker ke solo, dengan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan mulai dari estimasi dana sampai jadwal perjalanan. 
Pagi yang begitu dingin, tepatnya sebelum subuh sudah harus mandi, soalnya ntar habis subuh udah harus berangkat menjemput 'nyonya'. Selesai mandi beres-beres di lanjut telefon, "halo nya. sudah siap?", "siap" , Ok! berangat dengan suasana masih belum begitu terang, sinar matahari masih malu menampakkan wujudnya, jalanan yang masih sepi, hening dari hiruk pikuk kendaraan. akhirnya nyampai juga ke singgasana nyonya jam 5.30, tambah semangat ketika melihatnya begitu mempesona, rona wajahnya yg begitu cantik, dan penampilannya yg begitu anggun menjadikan diri ini semakin semangat. subhanallah ma ajmala khalqika. perjalanan dilanjutkan menuju terminal sebelum nyampai terminal ku sempatkan untuk mampir ke minimarket beli minuman & jajanan, maklum ketua panitia merangkap seksi kegiatan dan seksi konsumsi dan nyonya bendahara :)

Berangkat. 

Jam 6.00 nyampe diterminal dan cap cuss.. langsung berangkat pake bis jurusan jogja-surabaya trun di solo cuman 7500 rupiah, menikmati pagi dari jendela bis melihat rumah-rumah dan sawah, meski sebagian besar rumah sih. di temani dengan nyonya yg selalu disampingku (ih seneng banget deh :D) dan disuguhi dengan musik campur sari (kesukaannya pak sopir ma kernet tuh, kalo ga suka g mungkin di nyalain lagu campur sari, koploan pula :D), Yogyakarta terlewati, mulai masuk Klaten si nyonya mulai ngantuk dan akhirnya tidur, ku biarkan dia tidur bersandar di pundakku, menghemat energi untuk perjalanan selanjutnya. Nyampe solo sesuai dengan rencana jam 8.00 pagi. 

Di terminal sms temen bis yg harus ditumpangin disebelah mana? akhirnya ketemu bis jurusan Solo-Tawangmangu tak jauh dari tempat nge-time-nya bus yg baru kami tumpangin, Setelah naik bus AC, kini masuk bus Tawangmangu yg juga ber-AC juga Angin Cendela. biaya 10.000 dari solo sampai terminal tawangmangu, di perjalanan g lupa sarapan sebungkus roti, nyonya juga :) trus sama sebungkus snack, rasanya wow banget ya kalo disuapin :D (jgn iri ya hiihihi). selama perjalanan pertama biasa saja kemudian lama kelamaan masuk daerah pegunungan dan view-nya itu loh wow banget sawah-sawang sengkedan yang terbentang dengan kontur tanah yg miring. pemandangan yang hijau royo-royo. Damai banget lihatnya ditambah nyonya yg duduk disamping menjadikan hati tambah tenang ^_^ . setelah kira-kira satu setengah jam perjalanan akhirnya nyampai juga di terminal Tawangmangu.
bis yg dipake dari solo-jogja

viewnya ijo royo-royo
gerbang wisata tawangmangu


Acara Rihlah 'Alamiyah (jalan-jalan) kita mulai,

Sekitar jam 10 an kita nyari angkot yg menuju ke Grojogan Sewu tujuan utama backpaker. perjalanan di angkot ga terlalu jauh sekitar 2-3 Km. biaya 3000 per orang. Saat mau masuk angkot eh ternyata penuh, ya akhirnya desel-deselan deh, gapapa ada sensasi beda berdeksakan dengan penumpang di angkot :D tak lama dalam angkot si sopir lanngsung tancap gas 10 menit nyampe.
angkot ke terminal cuman 3000 per @
 Akhirnya nyampai juga di gerbang Wisata Grojogan Sewu ,Karanganyar, masuk loket bayar karcis 6000 rupiah. masuk gerbang disambut dengan bala tentaranya Sun-Go-Kong. Nyonya pun takut sama kera-kera kecil itu, untuk ketempat Air Terjun harus menuruni beratus ratus anak tangga. wah baru sebentar saja sudah gemeteran ni kaki, ternyata si nyonya juga. Meski gemeteran akhirnya nyampai juga di lokasi air terjunnya, langkah demi langkah kita berdua mendekati air terjun melewati batu-batu yang terjal :D akhirnya sampai titik terdekat dengan air terjun dan itu rasanya kaya MERDEKA dari jajahan :D seneng banget pastinya. di sambut dengan percikan air terjun.------------------------

gerbang masuk tawang mangu
seksi penerimatamu :D
nyonya gag mau difoto :)

siapa ini??

Agak lama di deket air terjun eh si Nyonya kakinya sakit kena batu, akhirnya turun dan istirahat duduk di atas batu besar dan menikmati aliran sungai dari air terjun, sembari mijitin pergelangan kaki nyonya, kita ngobrol ngalor ngidul terus menyudahi di deket air terjun, lanjut jalan-jalan eh disuguhi dengan petunjuk arah "Kolam Renang Dewasa" asyek berhubung saya hoby renang, ku ajak nyonya kesana. Nyampe sana ku sewa celana pendek 2000 rupiah, trus langsung masuk kolam yg dalemnya 2,5 meter, sedangkan nyonya duduk-duduk ngemil sambil nungguin mamasnya yg lagi renang :D. airnya dingin kayak es tapi karena di bawah terik jadi gak begitu terasa dinginnya. Tak lama renang kusudahin renangnya trus mandi sama ganti baju yg baru. selesai mandi undah tampil beda. gantian nyonya yang mandi, saya yg jaga barang. wow banget lamanya hehe,, harap jadi maklum. :D
kolam renang dalamnya 1,25m & 2,5m.

Selama menunggu nyonya di kamar mandi ku isi dengan duduk-duduk sambil berjemur (kata bule aja haha, maklum dingin bro :D) selesai Nyonya beres kita lanjut jalan-jalan disekitar dan akhirnya tertarik untuk menikmati wisata kuliner berupa Sate Kelinci, gag terlalu mahal seporsi isi 10 tusuk sate di hargai 10.000 rupiah sudah termasuk sepiring lontong. Di awali dengan doa bersama terus tusuk demi tusuk aku lahap satenya (tidak termasuk tusuknya :D), lumayan untuk mengganjal perut yg belum terisi nasi dari pagi, meski sudah makan roti sih. tetep saja aku yg habis duluan, si nyonya makannya dihayatin banget jadi lama deh hehe. selesai maem duduk-duduk sebentar sambil ngobrolin sesuatu, Sembari nyonya menulis sesuatu di Diaryku :) (kira-kira nulis apa ya, aku pun g boleh liat haha, mungkinkah daftar hutang?? hehe). Selesai semuanya akhirnya lanjut perjalanan.
bapak2 yg jual sate kelinci sama si mbah nyiapi lontongnya

sudah siap, berdoa dulu sebelum makan biar berkah

alhamdulillah habis

nyonya menulis sesuatu (kira-kira apa ya?)



Perjalanan Pulang

Selesai makan dan leyeh-leyeh kemudian kami melihat jam sudah menunjukkan jam 11.30 dan sudah adzan dzuhur, sesuai rencana jadwalnya solat dzuhur di jama' dengan ashar soalnya jarak Jogja-Karangananyar kira2 sudah lebih dari 81KM. maka boleh untuk di jama' dan di Qasar. Rencana sih sholat di musholla terdekat eh ternyata penuh. akhirnya kami putuskan untuk sholat nanti di terminal. Kami lanjutkan untuk keluar, hehe wah ternyata saat keluar tak semudah saat masuk area air terjun yang turun tangga. pas keluar malah harus menaikki ribuan tangga, oh my God... nyampai pintu keluar laper lagi deh. hadeh.
arah keluar

jalan keluar nanjak banget fiuh, kapan dipasang eskalator aja ya!

doanya saya aminin, semoga tmbah sehat dan sukses,

Di depan pintu keluar pertanyaan yg ada dalam fikiran "mau kemana kita?? arah pulang kemana? naek apa? awalnya asal aja jalan eh ternyata kok tambah sepi, kembali deh ke deket gerbang masuk, tanya deh. "pak-pak angkot ke terminal dimana pak ya?" bapaknya menunjukkan dengan telunjuk jarinya "niku" eh ternyata di depan mata, di sana angkotnya pake plat hitam, jadi gtw kalo yg parkir di depan mata itu angkot. nyampe terminal, bayar ke supir 6000 untuk 2 orang, lanjut ke musholla, ambil air wudhu dan sholat dzuhur dan ashar yg di jama' taqdim. berjama'ah dengan nyonya. masyaAllah seneng banget.

Selesai keluar musholla, langsung ke arah bis, perjalanan pulang dari tawangmangu kearah solo dengan biaya 10000 per orang, perjalanan yang menyenangkan dihisasi dengan canda tawa dan obrolan kesana kemari dengan si Nyonya. sampai ketika perjalanan sudah meninggalkan area pegunungan, Nyonya sudah mulai capek dan istirahat bersandar di pundakku. :) uh so sweet, istirahat cukup lama sampai hampir memasuki daerah solo, baru bangun. seneng banget liat nyonya bisa tidur pulas, bangun dengan senyum dan semua rasa capek seakan hilang. akhirnya nyampai terminal solo jam 15.30.

Pertama kali naek becak dan pertama kali naek kereta selama kuliah.

Dari terminal solo lanjut pergi ke stasiun, sesuai dengan rencana ingin balik ke jogja pake kereta api. dari terminal tirtonadi kami lanjutkan tanya-tanya ke bapak petugas yg jaga peron, "pak kalo ke stasiun naek apa yak?"naek becak ato ojek mas" jawabnya. akhirnya kami bertemu bapak-bapak tua. "Ayo mas ke stasiun" sambil nyari dimana bacaknya. akhirnya naik becak, si nona heboh banget ketika si bapak ngerndarai becaknya lumayan ugal-ugalan :D apalagi saat nyebrang jalan trus papasan sama bis, wuih, histeris hehe. dan akhirnya nyampe stasiun. "berapa pak" " 10.000 mas" (mahal amat, okelah tak apa bapaknya juga cari nafkah buat keluarganya)
becaknya beda sama di jogja, di solo lekukan depannya ada dua, di jogja satu
nyampe stasiun juga
 Masuk stasiun, sudah di hadapkan dengan barisan antrian tiket. trus aku tanya ke nyonya dulu mau yg pramek atau sriwedari. kalo sriwedari solo-Jogja 20000 berangkat lebih awal jam 15:45. kalo Pramek solo-jogja 10000 tapi berangkatnya agak sorean lagi jam 16:20. akhirnya kita berdua deal naek sriwedari. ikut antrian akhirnya nyampe depan tiket nyodorin 40.000 dapet 2 tiket. sipp.! Sebelum ke kereta nyempetin dulu masuk minimarket di stasiun apalagi kalo bukan beli es krim soalnya dari siang udah ngebet banget pengen beli es krim :D
tiket sudah di tangan
Es krim di tangan lanjut masuk kereta, dag dig dug hati, bingung mau masuk gerbong berapa? asal aja deh, yg penting dapet tempat duduk walopun di tiket tulisanya "Kelas : Berdiri". Setelah dapet tempat duduk rasa was was terus aja menghantui, ini nanti gimana kalo ada yg bilang "ini kursi saya mas?" atau kondektur bilang "loh kok duduk kan ini kelas berdiri" atau " maaf mas anda salah masuk gerbong, seharusnya anda di gerbong lima, bukan dua" haahaa. tapi yawes lah cuek aja. Akhirnya rasa cemas sedikit terkurangi ketika ada percakapan didepan kami. "bu ini kosong kan", tanya mas-mas. "iya mas, monggo". wah rupanya sepertinya semuanya cari tempat duduknya asal. dan lebih leganya lagi ternyata eh ternyata semua tiketnya sama yakni kelas berdiri haha. jadi terserah mau di kereta sambil duduk di kursi kek, berdiri ato sambil ngesot terserah :D.

sri wedari
Keretanya jalan, akhirnya perjalanan menuju jogja dimulai :), suasana krik-krik (sepi), nyonya na seneng banget sampe g bisa mau ngomong apa. Ngobrol pun cuman lewat sms padahal duduk bersandingan :D. aku iseng tanya soal perasaan tadi waktu pertama naek dan duduk disini, eh ternyata perasaannya sama sama aku, dag-dig-dung campur rasa was was :D. lambat laun nyampe klaten sinyonya bobok dikursi, ku biarkan biar sedikit berkurang rasa capeknya. akhirnya masuk stasiun lempuyangan lanjut stasiun tugu jam 17.00 . dan alhamdulillah keturutan juga naek keretanya :D

Keluar Stasiun Tugu lanjut capcus menuju halte transjogja di jl malioboro sebelah utara, pake transJogja kemana-mana biayanya sama 3000 rupiah, dari malioboro menuju terminal, di bus saya kebagian berdiri terus dan alhamdulillah nyonya kebagian tempat duduk. perjalanan lumayan lama (macet di jl malioboro) akhirnya nyampe terminal giwangan jam 18.00 di lanjut jama'ah solat magrib, trus ngambil si kuda besi di penitipan, capcus cari makan

10 menit dari Terminal kami mampir di tempat makan langganan saya, di Jl. Paris KM. 3,5 di warung Cak Doi, saya pesen cap cay, Nyonya pesen kwetiaw. lumayan seharian g makan sayuran, sekali makan sepiring isinya sayur semua (ada campuran telor, daging, bakso dan sosisnya juga sih sebenarnya) menu 2 porsi sama minum cukup 20.000 rupiah. Selesai makan lanjut ngobrol kesana kemari sambil bercanda tawa yang begitu menyenangkan bisa tertawa lepas, dan saya sangat senang hari ini. dan selanjutnya adalah sayonara, ngantar nyonya ke singgasana.

gan, dulur, temen-temen, saudara-saudara sebelum saya akhiri petualangan hari ini, saya mohon doanya ya semoga kami berdua langgeng selamanya, sampai ke jenjang berikutnya dan sampai punya anak-cucu. amin.

me & s.s

0 komentar:

Poskan Komentar

terimakasih ^_^